Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Sep 10, 2015 in Barat, Klasik | 0 comments

Kisah Klasik Putri Bersepatu Kaca, Cinderella

cinderella

Cinderella merupakan kisah dongeng klasik yang terkenal di berbagai negara. Film animasi klasik ini diproduksi Walt Disney pada tahun 1950 dan dirilis oleh RKO Radio Pictures. Film ini berdasarkan dongeng “Cendrillon” karangan Charles Perrault. Film animasi Cinderella dirilis pada tanggal 15 Februari 1950 dan pada saat itu merupakan film kedua belas dari studio Walt Disney. Disutradarai oleh Clyde Geronimi, Hamilton Luske dan Wilfred Jackson dengan penulis lagu Mack David, Jerry Livingston, dan Al Hoffman.

Sudah tradisi film-film animasi Walt Disney selalu bergenre musikal, tidak terkecuali film ini. “A Dream Is a Wish Your Heart Makes“, “Bibbidi-Bobbidi-Boo“, “So This Is Love“, “Sing Sweet Nightingale“, “The Work Song“, dan “Cinderella” menghiasi film animasi ini.

Setelah pemutaran perdana, film ini ternyata mendapat sambutan positif dan cukup sukses setelah sebelumnya dicapai film animasi Walt Disney lainnya, Snow White and the Seven Dwarfs (1937). Film yang mendapat predikat sebagai salah satu film animasi terbaik sepanjang masa oleh American Film Institute ini mendapat tiga nominasi Academy Awards, diantaranya untuk kategori Best Music, Original Song untuk “Bibbidi-Bobbidi-Boo“.

Berjarak puluhan tahun, sequel film ini pun dibuat. Namun kali ini bersifat direct-to-video sehingga tidak tayang di bioskop. Cerita kehidupan Cinderella berlanjut dalam Cinderella II: Dreams Come True dan Cinderella III: A Twist in Time.

 

Sinopsis Cinderella

Cinderella merupakan anak seorang aristokrat dimana istrinya telah meninggal dunia. Khawatir akan Cinderella yang membutuhkan kasih sayang seorang ibu, maka ia menikah dengan Lady Tremaine yang telah memiliki dua orang anak perempuan, Drizella dan Anastasia. Setelah ayahnya meninggal, Lady Tremaine pun berkuasa akan segala sesuatu yang ditinggal ayahnya. Cinderella pun diperlakukan semena-mena. Ia diharuskan melayani segala kebutuhan ibu tirinya serta kedua adik tirinya. Cinderella tumbuh menjadi gadis yang baik dan ramah, berteman dengan berbagai hewan di kandang.

Sementara itu, di istana, seorang raja ingin mencarikan jodoh bagi putranya agar dia segera menikah untuk menggantikan raja. Namun sang putra ingin mencari jodohnya sendiri. Raja pun berinisiatif mengadakan sebuah pesta dimana seluruh putri dan gadis dari kalangan bangsawan boleh mengadiri pesta tersebut. Berita tersebut tiba juga di keluarga Cinderella.

cinderella - lady tremaineLady Tremaine pun mempersiapkan kedua putrinya agar salah satunya dapat menjadi istri pangeran. Khawatir Cinderella akan terpilih maka ia memberikan berbagai tugas tambahan untuk Cinderella. Karena sudah terbiasa dengan berbagai tugas berat, Cinderella pun selesai tepat waktu dan dia pun memakai gaun bekas ibunya dengan modifikasi yang dibuat oleh berbagai hewan temannya. Tidak tahu bahwa berbagai aksesoris yang dikenakan di gaun Cinderella didapatkan para hewan dari kedua adik tiri. Tahu akan hal itu, kedua adik tirinya merusak gaun Cinderella di saat akan pergi ke pesta.

Sedih tidak bisa pergi ke pesta, ia pun menangis hingga seorang peri muncul dihadapannya. Ibu peri memberikan sebuah gaun cantik, sepatu kaca, dan kereta kuda lengkap dengan pengawal. Namun berbagai keajaiban itu hanya bertahan hingga tengah malam.

cinderella and the princeCinderella akhirnya tiba di istana saat pesta dansa sedang berlangsung. Semua orang yang hadir, tidak terkecuali pangeran dan raja, tertegun. Pangeran pun mengajaknya berdansa namun tidak mengetahui namanya. Tengah malam pun tiba dan pada saat pangeran hendak berkenalan lebih dalam, Cinderella bergegas pergi. Saat menuruni tangga, salah satu sepatu kacanya terlepas.

Para pengawal kerajaan berusaha mengejar namun tidak terkejar. Raja pun memerintahkan mencari gadis itu hanya berbekal petunjuk sepatu kaca yang tertinggal. Semua gadis di wilayah kerajaan mencoba sepatu kaca itu namun belum berhasil. Berita tentang pencarian gadis itu terdengar juga oleh keluarga Lady Tremaine. Saat Lady Tremaine menyampaikan berita itu ke kedua putrinya, Cinderella ikut mendengar. Lady Tremaine mencurigai ia adalah putri itu.  Dengan rencana Lady Tremaine agar salah satu putrinya bisa menikahi pangeran, ia pun mengunci Cinderella di sebuah kamar.

Pada saat kedua putrinya sedang mencoba sepatu kaca itu, dua tikus teman CinderellaJaq dan Gus, mencuri kunci kamar tempat Cinderella terkurung dari Lady Tremaine. Cinderella bergegas untuk mencoba. Di saat petugas kerajaan hendak menuju Cinderella, Lady Tremaine dengan sengaja membuat petugas kerajaan terjatuh dan membuat sepatu kaca pecah. Pada saat petugas kerajaan putus asa, Cinderella mengeluarkan sepatu kaca pasangannya yang membuat Lady Tremaine terkejut. Cinderella mencoba sepatu tersebut dan cocok. Pada akhirnya Cinderella menikah dengan pangeran dan mereka hidup berbahagia.

 

Beberapa Pengisi Suara

Ilene Woods – Cinderella

Eleanor Audley – Lady Tremaine

Verna Felton – Ibu Peri

Rhoda Williams – Drizella

Lucille Bliss – Anastasia

James MacDonald – Jaq/Gus/Bruno

 

Media

Untuk menyaksikan film animasi klasik ini di gawai Android, Anda dapat mengunduh dari link di bawah ini.

google-play-store-logo

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *