Pages Menu
Categories Menu

Posted by on Mar 5, 2016 in Barat | 0 comments

Oscar 2016, Pemenang ‘Animated Feature Film’

The Academy Awards, atau “Oscar” merupakan acara penghargaan tahunan untuk para insan perfilman di Amerika Serikat yang diselenggarakan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (A.M.P.A.S.) untuk menghargai prestasi sinematik para insan film yang telah berkarya dalam industri film Amerika Serikat yang dinilai oleh anggota voting Academy. Berbagai pemenang setiap kategori diberikan sebuah patung yang, secara resmi disebut Academy Award of Merit, yang umum dikenal dengan julukan “Oscar”. Acara penghargaan, pertama kali disajikan pada tahun 1929 di Hollywood Roosevelt Hotel, diawasi oleh A.M.P.A.S.

Acara penghargaan pertama kali disiarkan di radio pada tahun 1930 sedangkan untuk televisi baru ditayangkan pada tahun 1953. Pada saat ini siaran langsung acara penghargaan Oscar telah disiarkan ke lebih dari 200 negara dan juga dapat disaksikan melalui daring (online). Oscar adalah acara penghargaan hiburan tertua yang setara dengan acara penghargaan Emmy Awards untuk televisi, Awards Tony untuk teater, dan Grammy Awards untuk musik dan rekaman.

oscar 2016

Pada tahun 2016, acara Academy Awards ke-88 digelar di Teater Dolby pada tanggal 28 Februari 2016 dengan pembawa acara Chris Rock. Sebanyak 2.947 Oscar telah diberikan sejak awal penghargaan hingga acara penghargaan ke- 87. Penilaian berbagai film yang dimasukkan untuk Oscar dilakukan kurang lebih selama setahun. Bila acara penghargaan ke-87 disajikan pada bulan Februari 2015 maka untuk yang ke-88 juga diadakan pada bulan Februari tahun 2016.

Ada banyak kategori pada acara tahunan Oscar diantaranya kategori ‘Actor In Leading Role’, ‘Actress In Leading Role’, ‘Animated Feature Film’,  ‘Best Picture’, ‘Directing’, dan masih banyak lainnya.  Setiap tahun kategori yang paling ditunggu-tunggu adalah ‘Best Picture’. Untuk tahun 2016 kategori ‘Best Picture’ dimenangkan film Spotlight. Untuk film animasi memang jarang masuk nominasi untuk kategori ‘Best Picture’. Film animasi yang pertama kali masuk kategori ‘Best Picture’ diraih oleh film produksi Walt Disney (sekarang Disney), Beauty and The Beast’ pada gelaran Oscar awal tahun 90-an.

 

Pemenang Kategori Animated Feature Film Pada Oscar 2016

Seperti Anda tahu situs ini hanya menginformasikan film-film animasi dan beberapa film serial tokusatsu yang disertai visual effect, oleh karena itu pada bagian ini penulis akan berbagi informasi mengenai film-film yang ada pada kategori ‘Animated Feature Film’. Untuk Academy Awards yang ke-88, kategori ini dimenangkan oleh film Inside out.

Anomalisa

anomalisaAnomalisa adalah film stop-motion drama komedi yang disutradarai dan diproduksi oleh Charlie Kaufman dan Duke Johnson, dan ditulis oleh Kaufman berdasarkan dramanya dengan nama yang sama. Dirilis pada tanggal 30 Desember 2015 oleh Paramount Pictures. Menceritakan tentang seorang penulis (disuarakan oleh David Thewlis) yang kesepian dimana ia memandang semua orang identik (Tom Noonan) hingga ia bertemu seorang wanita (Jennifer Jason Leigh) di sebuah hotel Cincinnati.

Anomalisa dinominasikan dalam Academy Award 2016 untuk Best Animated Feature, Golden Globe Award untuk Best Animated Feature Film, dan lima Annie Award. Ini menjadi film animasi pertama yang memenangkan Grand Jury Prize di Venice International Film Festival ke-72, setelah tayang perdana di Festival Film Telluride pada tanggal 4 September 2015.

 

Boy & the World

the-boy-and-the-worldfilm animasi Brasil tahun 2013 yang ditulis dan disutradarai oleh ale Abreu. Dinominasikan di Academy Awards ke-88 untuk Best Animated Feature.

Menceritakan seorang anak bernama Cuca yang tinggal di sebuah dunia yang jauh, di sebuah desa kecil di pedalaman suatu negara. Suatu hari, ia melihat ayahnya meninggalkan untuk mencari pekerjaan, menaiki kereta api menuju suatu ibukota. Minggu-minggu yang dialaminya adalah kesedihan dan kenangan yang membingungkan. Sampai satu malam, angin menerobos masuk ke jendela kamar dan membawa anak itu ke tempat yang jauh dan penuh keajaiban.

 

Shaun the Sheep Movie

shaun the sheepfilm animasi stop-motion dari Inggris berdasarkan serial televisi Shaun The Sheep oleh Nick Park. Film ini menceritakan Shaun dan kawanan dombanya menuju kota besar untuk menyelamatkan petani mereka, yang menemukan dirinya amnesia dikarenakan kesalahan mereka.

Shaun the Sheep Movie dinominasikan di Academy Awards ke-88 untuk Best Animated Feature. Film ini juga dinominasikan dalam The 73 Golden Globe Awards, BAFTA Awards dan memenangkan Critics Toronto Film Awards untuk Best Animated Feature. Hal ini juga meraih lima nominasi di The Annie Awards termasuk Best Animated Feature.

 

When Marnie Was There

marnie-anna-locketMerupakan film animasi dari Jepang yang ditulis dan disutradarai oleh Hiromasa Yonebayashi, diproduksi oleh Studio Ghibli dan berdasarkan novel Joan G. Robinson dengan nama yang sama. Film ini dirilis pada tanggal 19 Juli 2014. Menceritakan Anna Sasaki, yang tinggal dengan kerabatnya di kota tepi pantai, menemukan sebuah rumah kosong dan berteman dengan seorang anak bernama Marnie, yang meminta untuk menjaga rahasianya dari semua orang. Sepanjang pertemanannya, Anna menghabiskan waktu dengan Marnie dan menemukan kebenaran tentang keluarganya dan orang tua asuhnya.

Ini adalah film terakhir dari Studio Ghibli, sebelum mereka mengumumkan bahwa akan mengambil rehat sejenak setelah The Tale of Putri Kaguya, dan pensiunnya Hayao Miyazaki setahun sebelum film ini dirilis. Film ini dirilis untuk format Blu-ray dan DVD di Jepang pada tanggal 18 Maret 2015. Film ini dinominasikan untuk Academy Award ke-88 untuk Best Animated Feature.

 

Inside Out

INSIDE-OUT--featureDiproduksi oleh Pixar Animation Studios dan dirilis oleh Walt Disney Pictures. Film ini disutradarai dan ditulis oleh Pete Docter, diarahkan dan juga ditulis oleh Ronnie del Carmen dan diproduksi oleh Jonas Rivera, dengan musik digubah oleh Michael Giacchino. Film ini menceritakan isi pikiran seorang gadis muda bernama Riley Andersen (Kaitlyn Dias), di mana lima emosi – Kebahagiaan dipersonifikasikan (Amy Poehler), Kesedihan (Phyllis Smith), Fear (Bill Hader), Anger (Lewis Black), dan Jijik (Mindy Kaling)- mencoba untuk memimpin dia menjalani hidup bersama orang tuanya (Diane Lane dan Kyle MacLachlan) dimana mereka pindah dari Minnesota ke San Francisco dan dia harus menyesuaikan diri dengan kehidupan barunya.

Setelah tayang perdana di Festival Film Cannes ke-68 pada bulan Mei, Inside Out dirilis di Amerika Utara pada tanggal 19 Juni 2015, didampingi oleh film pendek Lava yang disutradarai oleh James Ford Murphy. Kritikus memuji konsep film, skenario, pesan moral, skor musik, dan pengisi suara-khususnya untuk Poehler, Smith, dan Richard Kind. Film ini meraup $ 90.400.000 di pertama pekan pembukaan tertinggi untuk film non adaptasi; Yang juga merupakan akumulasi dimana lebih dari $ 856 juta dalam pendapatan box office di seluruh dunia. Inside Out menerima beberapa penghargaan, termasuk Academy Award, BAFTA Award, Emas Globe Award, Critics ‘Choice Award, Annie Award, dan Satellite Awards untuk Best Animated Feature.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *